S1 Teknik Mesin

S1 Teknik Mesin

Program Studi S1 Teknik Mesin terakreditasi B oleh Ban-PT telah berdiri dari tahun 2000. Kurikulum selalu diupdate setiap tahun untuk menyiapkan mahasiswa bekerja setelah lulus.

Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya.Tapi kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material. Memang benar sih, secara umum kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer, dsb. 

Pengetahuan dan Keahlian

  • Pemahaman fisika

  • Pemahaman matematika

  • Pemahaman gambar 2D dan 3D

  • Kemampuan menggambar teknik

  • Kemampuan mengoperasikan AutoCad

  • Kemampuan bekerja dalam tim

  • Kemampuan meneliti

  • Kemampuan melakukan analisis

Teknik Mesin mempelajari perancangan, pengembangan, dan pengelolaan mesin. Kamu juga akan belajar mengenai energi dan sumbernya untuk analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan suatu sistem mekanik. Secara garis besar, ada empat bidang keahlian Teknik Mesin yang bakal kamu pelajari selama 4 tahun atau 8 semester di kampus. Konversi energi fokus pada cara membuat mesin yang dapat mengubah suatu energi menjadi energi lainnya, Perancangan mesin fokus pada proses mendesain mesin dan simulasinya, jadi nggak boleh sembarangan yaMaterial fokus pada pengembangan dan pembuatan material baru dengan mempertimbangkan struktur atom dari penyusun material itu sendiri. Terakhir, ada teknik produksi mesin yang fokus pada kegiatan penelitian dan pengembangan mesin-mesin manufaktur. Setelah menuntaskan studi, nantinya kalian akan meraih gelar Sarjana Teknik bidang Teknik Mesin.

Orang awam menilai bahwa lulusan Teknik mesin akan bekerja di bengkel otomotif. Faktanya, lulus dari Teknik Mesin kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di balik komputer sebagai engineermaintenance planner, ataupun designer. Karena perusahaan-perusahaan di industri otomotif, kedirgantaraan, manufaktur dan otomatisasi, bioteknologi, maupun minyak dan gas membutuhkanmu dalam melakukan perancangan produk tertentu. Jadi peluang karier untuk lulusan Teknik Industri sangat besar.

 

Galeri / Dokumentasi