S1 Teknik Industri

S1 Teknik Industri

PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK INDUSTRI

Program Studi S1 Teknik Industri terakreditasi  oleh Ban-PT telah berdiri dari tahun 2000. Kurikulum selalu diupdate setiap tahun untuk menyiapkan mahasiswa bekerja setelah lulus.

Kuliah jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik yang katanya gak Teknik banget.

Menurut survey dari beberapa negara, Teknik Industri adalah program studi yang memiliki lulusan dengan gaji tertinggi. Teknik industri merupakan ilmu yang mempelajari proses Industri bahkan tidak hanya ilmu Teknik tapi juga manajemen dan psikologis. Berbeda dengan jurusan Teknik lainnya, konsep Teknik dalam jurusan Teknik industry lebih bersifat interdisipliner bukan Teknik dasar. Jadi Teknik Industri cenderung memiliki ilmu yang menyeluruh. Teknik industry berfokus pada perancangan, peningkatan dan instalasi system terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi.

Teknik industry dibagi menjadi 3 bidang besar, yaitu:

  1. SIstem Manufaktur

Memplajari peningkatan kualitas, produktivitas,dan efisiensi system produksi.

  1. Manajemen Industri

Mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen logistic, Teknik statistika, penelitian operasional dan ekonomi Teknik.

  1. Ergonomi

Cabang ilmu Teknik industry yang memanfaatkan informasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia dalam rangka membuat system kerja yang efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien (ENASE).

Prospek Kerja lulusan Teknik Industri

Kalau berbicara mengenai prospek kerja yang luas dan masa depan yang menjanjikan, lulusan Teknik industry adalah salah satunya lho! Dengan cakupan ilmu yang luas seorang lulsan Teknik industry dapat bekerja di posisi manajemen dihampir semua bidang seperti perbankan, pertambangan, otomotif, layanan Kesehatan hingga periklanan. Lulusan Teknik industri setelah lulus juga banyak yang menjadi worausaha karena kelimuan Teknik indsutri juga sangat mendukung bagi yang ingin mengelola usaha sendiri.

Menurut  dokumen Salary Guide (2016) rata – rata gaji lulusan Teknik industry lumayan tinggi, secara umum setiap pabrik dan industry manufaktur membutuhkan lulusan Teknik industry dan jumlahnya bisa ribuan atau mungkin pulihan ribu pabrik diseluruh Indonesia mulai dari skala kecil seperti UMKM hingga skala besar perusahaan multinasional.

Lima bidang pekerjaan yang paling banyak untuk lulusan Teknik industry menurut survey pada tahun 2007 antara lain:

  1. Pertambangan dan Penggalian
  2. Industri pengolahan
  3. Informasi dan komunikasi
  4. Jasa keuangan dan asuransi
  5. Jasa Profesional, Ilmiah dan teknis

Lulusan Teknik industry dapat memiliki profesi profesional seperti:

  1. Spesialis Kesehatan dan Keselamatan kerja
  2. Manajer Produksi Industri
  3. Pengajar Teknik
  4. Teknik Kesehatan dan Keselamatan Industri
  5. Operator pabrik dan system
  6. Teknisi Produksi manufaktur
  7. Ahli Teknik Industri
  8. Ahli material
  9. Supervisor Produksi
  10. Ahli logistic
  11. Product designer
  12. dll
 

Galeri / Dokumentasi